Logo Google Hari Ini


 
 
Hari ini, Selasa 27 Maret 2012 laman pertama situs pencarian Google nampak dihiasi sebuah bangunan. Gambar tersebut sebagai simbol memperingati hari lahir Ludwig Mies van der Rohe seorang arsitek berkebangsaan Jerman yang ke 126 tahun.

Lahir pada tanggal 27 Maret 1886, Mies merupakan bapak arsitektur modern. Desain bangunan karya Mies adalah seni arsitektur baru yang mewakili zaman modern. Sebuah gaya arsitektur abad kedua puluh yang berciri khas ‘bersih’ dan ‘sederhana’.

Karya-karya Mies banyak memanfaatkan bahan seperti baja dan kaca piring untuk melengkapi dekor ruang interior. Mies juga menerapkan konsep minimalis namun tetap seimbang dengan gaya arsitektur ruang terbuka.

Karena kesederhanaan desainnya, karya Mies juga dijuluki arsitektur ‘kulit dan tulang’. Laki-laki yang terkenal dengan semboyan ‘Less is more’ dan ‘God is in the details’ meninggal pada tanggal 17 Agustus 1969. Makamnya di Graceland Cemetery, Chicago, Amerika Serikat ditandai dengan ubin granit berwarna hitam.

Berikut contoh bangunan yang dihasilkan oleh Ludwig Mies van der Rohe, antara lain Crown Hall di kampus Institut Teknologi Illinois, di Amerika dan Perpustakaan Sejarah Martin Luther King Jr di Washington.
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Feed My Blog, Leave Your Comment Here :)