Zona Waktu Indonesia Akan Disatukan?


Pernyataan soal rencana pemerintah yang akan menyatukan zona waktu di Indonesia tersebut disampaikan oleh Kadiv Humas dan Promosi Komite Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (KP3EI) Edib Muslim. Tujuan dari penyeragaman waktu ini menurut Edib untuk meningkatkan produktivitas nasional serta daya saing bangsa dalam bidang ekonomi, sosial politik, bahkan ekologi.

Pemerintah sendiri berharap rencana penyatuan zona waktu ini akan terwujud pada 17 Agustus mendatang. Sebelumnya, zona waktu yang berlaku di Indonesia terdiri dari tiga bagian. Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA), dan Waktu Indonesia Timur (WIT). Terdapat selisih satu jam di antara tiga zona waktu tersebut.

Dengan penyatuan waktu yang nantinya diterapkan tersebut, kemungkinan akan merujuk pada WITA atau GMT+8 yang akan dijadikan patokan waktu, masyarakat yang tinggal di kawasan Indonesia timur dan tengah punya waktu transaksi yang lebih banyak dengan masyarakat yang tinggal di kawasan Indonesia barat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Feed My Blog, Leave Your Comment Here :)