Ganglion dan Lipoma

 
Dalam anatomi, ganglion (jamak ''ganglia'') adalah massa jaringan biologis, yang paling umum massa tubuh sel saraf. Sel yang ditemukan dalam ganglion disebut sel ganglion, meskipun istilah ini juga kadang-kadang digunakan untuk merujuk secara khusus untuk sel-sel ganglion retina.

Dalam konteks neurologis, ganglia terdiri terutama dari somata dan struktur dendritik yang digabungkan atau dihubungkan bersama-sama.

Ganglia sering interkoneksi dengan ganglia lain untuk membentuk suatu sistem yang kompleks ganglia dikenal sebagai pleksus. Ganglia memberikan poin relay dan koneksi perantara antara struktur neurologis yang berbeda dalam tubuh, seperti sistem saraf perifer dan pusat.

Ada dua kelompok utama ganglia:
  • Akar ganglia dorsal (juga dikenal sebagai ganglia tulang belakang) berisi sel tubuh dari sensorik (aferen) saraf.
  • Ganglia otonom mengandung sel tubuh dari saraf otonom.
Dalam sistem saraf otonom, serat dari sistem saraf pusat untuk ganglia dikenal sebagai serat preganglionik, sedangkan dari ganglia pada organ efektor disebut serat postganglionik.
 
Lipoma adalah tumor lemak yang pertumbuhannya lambat dan berada di antara kulit dan lapisan otot. Seringkali lipoma mudah diidentifikasi karena tumor ini langsung bergerak jika ditekan dengan jari. Lipoma dapat terjadi pada segala usia dan tumor ini dapat bertahan di kulit selama bertahun-tahun. Tumor ini seringkali dapat terdeteksi pada usia pertengahan.

Lipoma bukanlah kanker dan biasaya tak berbahaya, tapi bukannya tak perlu dirawat. Karena jika berada di lokasi yang mengganggu, yang seringkali sakit dan cenderung tumbuh, Anda wajib menghilangkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Feed My Blog, Leave Your Comment Here :)