Jankenpon (Suit Jepang)

12921207782038004394

Di Indonesia terkenal dengan yang namanya “Hompimpah”. Suatu permainan kalah dan menang dengan mengadu jari atau telapak tangan yang beranggotakan dua orang atau lebih.

Di Jepang, permainan ini sama saja, tetap menggunakan jari dan tangan, namun namanya dan bentuk permainannya berbeda.
Namanya, “Jankenpon” disaat bersamaan dua orang anak akan menurunkan tangannya, bila kata jankenpon itu disebutkan.
12921209872001265729
Ada “guu” (batu), bila jari tangan dikepalkan membentuk tinju.

1292121029143972510
“Paa” (kertas), telapak tangan dibentangkan memperlihatkan ke lima jari.

12921210821388362468
Dan “choki” (gunting), cukup dua jari membentuk huruf “V”,
 
Batu akan kalah lawan kertas, karena kertas itu bisa menutupi batu. Kertas akan kalah dengan gunting, karena kertas bisa dipotong oleh gunting. Gunting akan kalah lawan batu, karena batu sangat keras dan membuat gunting akan tumpul.
 
Permainan ini sangat menarik karena terdapat 3 macam bentuk permainan jari atau telapak tangan. berbeda dengan bentuk permainan punya kita, yang hanya telapak tangan di bolak-balik saja. itu untuk hompimpah saja saya kira, yang berbeda dengan “suit” ( permainan jari jempol, telunjuk dan kelingking).
 
Permainan ini sering dimainkan oleh orang jepang apabila mereka adu kalah atau menang pada sebuah permainan. saya dulunya bingung ketika mereka mengajak saya adu Jankenpon. karena belum terbiasa, jadi kecepatan saya menurunkan tangan dapat terbaca oleh mereka, sehingga sering kalah. padahal permainan ini tidak begitu sulit, sama seperti hompimpah biasa, namun belum terbiasa saja dalam memainkannya.

1 komentar:

  1. Thank you for the information you present to me , I was very lucky to find you wrote this . Because it is new to my knowledge Obat Tradisional penyakit Tipes Hopefully you can write more about things like this . I strongly agree with your phrase up there . Visit me at Penyebab Sakit Haid or could also probably visit my other social media thanks for the information
    Tips Mengatasi Sakit Haid wish you long life and can continue to Contoh Anchor write ya !

    BalasHapus

Feed My Blog, Leave Your Comment Here :)