Sumpah Hipokrates

Sumpah Hipokrates merupakan sumpah historis yang diambil oleh sumpah dokter untuk praktek kedokteran secara etis. Hal ini diyakini telah ditulis oleh Hippocrates yang dianggap sebagai bapak kedokteran barat, di ionik Yunani (akhir abad ke-5 SM). Sarjana klasik Ludwig Edelstein mengajukan bahwa sumpah ini ditulis oleh ilmu Pythagoras, sebuah teori yang telah dipertanyakan karena kurangnya bukti untuk sekolah kedokteran Pythagoras. Walaupun sebagian besar nilai sejarah dan tradisional, sumpah dianggap sebagai ritus bagian untuk praktisi kedokteran di beberapa negara, meskipun saat ini versi modern dari teks bervariasi antara negara-negara.

Sumpah Hippocrates adalah salah satu yang paling dikenal luas pada teks medis Yunani. Hal ini membutuhkan seorang dokter baru untuk bersumpah pada sejumlah dewa penyembuhan yang ia akan menegakkan sejumlah standar etika profesional.

Selama berabad-abad, telah ditulis ulang seringkali untuk sesuai dengan nilai-nilai budaya yang berbeda dipengaruhi oleh obat Yunani. Berlawanan dengan kepercayaan populer, Sumpah Hippocrates tidak diperlukan oleh sebagian besar sekolah medis modern.

Teks yunani :


Ὄμνυμι Ἀπόλλωνα ἰητρὸν, καὶ Ἀσκληπιὸν, καὶ Ὑγείαν, καὶ Πανάκειαν, καὶ θεοὺς πάντας τε καὶ πάσας, ἵστορας ποιεύμενος, ἐπιτελέα ποιήσειν κατὰ δύναμιν καὶ κρίσιν ἐμὴν ὅρκον τόνδε καὶ ξυγγραφὴν τήνδε. ἡγήσασθαι μὲν τὸν διδάξαντά με τὴν τέχνην ταύτην ἴσα γενέτῃσιν ἐμοῖσι, καὶ βίου κοινώσασθαι, καὶ χρεῶν χρηίζοντι μετάδοσιν ποιήσασθαι, καὶ γένος τὸ ἐξ ωὐτέου ἀδελφοῖς ἴσον ἐπικρινέειν ἄῤῥεσι, καὶ διδάξειν τὴν τέχνην ταύτην, ἢν χρηίζωσι μανθάνειν, ἄνευ μισθοῦ καὶ ξυγγραφῆς, παραγγελίης τε καὶ ἀκροήσιος καὶ τῆς λοιπῆς ἁπάσης μαθήσιος μετάδοσιν ποιήσασθαι υἱοῖσί τε ἐμοῖσι, καὶ τοῖσι τοῦ ἐμὲ διδάξαντος, καὶ μαθηταῖσι συγγεγραμμένοισί τε καὶ ὡρκισμένοις νόμῳ ἰητρικῷ, ἄλλῳ δὲ οὐδενί. Διαιτήμασί τε χρήσομαι ἐπ ‘ὠφελείῃ καμνόντων κατὰ δύναμιν καὶ κρίσιν ἐμὴν, ἐπὶ δηλήσει δὲ καὶ ἀδικίῃ εἴρξειν. Οὐ δώσω δὲ οὐδὲ φάρμακον οὐδενὶ αἰτηθεὶς θανάσιμον, οὐδὲ ὑφηγήσομαι ξυμβουλίην τοιήνδε. ὁμοίως δὲ οὐδὲ γυναικὶ πεσσὸν φθόριον δώσω. Ἁγνῶς δὲ καὶ ὁσίως διατηρήσω βίον τὸν ἐμὸν καὶ τέχνην τὴν ἐμήν. Οὐ τεμέω δὲ οὐδὲ μὴν λιθιῶντας, ἐκχωρήσω δὲ ἐργάτῃσιν ἀνδράσι πρήξιος τῆσδε. Ἐς οἰκίας δὲ ὁκόσας ἂν ἐσίω, ἐσελεύσομαι ἐπ ‘ὠφελείῃ καμνόντων, ἐκτὸς ἐὼν πάσης ἀδικίης ἑκουσίης καὶ φθορίης, τῆς τε ἄλλης καὶ ἀφροδισίων ἔργων ἐπί τε γυναικείων σωμάτων καὶ ἀνδρῴων, ἐλευθέρων τε καὶ δούλων. Ἃ δ ‘ἂν ἐν θεραπείῃ ἢ ἴδω, ἢ ἀκούσω, ἢ καὶ ἄνευ θεραπηίης κατὰ βίον ἀνθρώπων, ἃ μὴ χρή ποτε ἐκλαλέεσθαι ἔξω, σιγήσομαι, ἄῤῥητα ἡγεύμενος εἶναι τὰ τοιαῦτα. Ὅρκον μὲν οὖν μοι τόνδε ἐπιτελέα ποιέοντι, καὶ μὴ ξυγχέοντι, εἴη ἐπαύρασθαι καὶ βίου καὶ τέχνης δοξαζομένῳ παρὰ πᾶσιν ἀνθρώποις ἐς τὸν αἰεὶ χρόνον. παραβαίνοντι δὲ καὶ ἐπιορκοῦντι, τἀναντία τουτέων.
 
 
Teks asli :

Saya bersumpah demi Apollo , dukun, Asclepius , Hygieia , dan Panacea, dan aku menyaksikan semua dewa, semua dewi, untuk tetap sesuai dengan kemampuan saya dan penilaian saya, Sumpah dan perjanjian berikut:

Untuk mempertimbangkan sayang padaku, sebagai orangtua saya, dia yang mengajari saya seni ini , untuk hidup yang sama dengan dia dan, jika perlu, untuk berbagi barang saya dengan dia; Untuk memandang anak-anaknya sebagai saudara saya sendiri, untuk mengajarkan mereka seni ini .

Saya akan meresepkan rejimen untuk kebaikan pasien saya menurut kemampuan saya dan penilaian saya dan tidak pernah merugikan kepada siapa pun.

Aku tidak akan memberikan obat yang mematikan kepada siapa pun jika saya ditanya, tidak akan saya sarankan seperti rencana, dan juga saya tidak akan memberikan wanita sebuah alat pencegah kehamilan untuk menyebabkan aborsi .

Tapi aku akan menjaga kemurnian hidup saya dan seni saya.

Aku tidak akan dipotong untuk batu, bahkan untuk pasien yang penyakit ini terwujud, saya akan meninggalkan operasi ini harus dilakukan oleh praktisi, spesialis dalam seni ini .

Di setiap rumah di mana saya datang saya akan masuk hanya untuk kebaikan pasien saya, menjaga diri jauh dari semua disengaja sakit-lakukan dan rayuan semua dan terutama dari kesenangan cinta dengan perempuan atau dengan laki-laki, baik itu bebas atau budak.

Semua yang mungkin datang untuk pengetahuan saya dalam menjalankan profesi saya atau dalam perdagangan sehari-hari dengan laki-laki, yang seharusnya tidak tersebar di luar negeri, saya akan menyimpan rahasia dan tidak akan pernah mengungkapkan.

Jika aku terus sumpah setia ini, mungkin saya menikmati hidup saya dan praktik seni saya, dihormati oleh semua orang dan di setiap saat, tetapi jika aku menyimpang dari atau melanggar hal itu, mungkin sebaliknya akan banyak saya.
 
 
Teks classic :


Saya bersumpah demi Apollo Dokter dan Asclepius dan Hygieia dan Panaceia dan semua dewa, dan dewi, membuat mereka saksi-saksi saya, bahwa saya akan memenuhi sesuai dengan kemampuan dan penilaian saya sumpah dan perjanjian ini:

Memperlakukan guru yang telah mengajarkan saya seni ini seperti orangtua saya sendiri dan menjalankan hidup ini bermitra dengannya, dan jika ia membutuhkan uang untuk memberinya saham tambang, dan menganggap keturunannya seperti saudara saya dalam garis keturunan laki-laki dan untuk mengajarkan mereka seni-jika mereka ingin belajar itu-tanpa biaya atau perjanjian, untuk memberikan bagian dari ajaran dan instruksi lisan dan semua belajar untuk anak saya dan anak-anak dia yang telah memerintahkan saya dan lainnya untuk siswa yang telah menandatangani perjanjian itu dan telah mengambil sumpah sesuai dengan hukum kedokteran, dan tidak kepada orang lain.

Saya akan melakukan tindakan dietic untuk kepentingan orang sakit sesuai kemampuan dan penilaian saya, saya akan menjaga mereka dari bahaya dan ketidakadilan.

Aku tidak akan memberikan obat yang mematikan kepada siapa pun jika diminta untuk itu, tidak akan saya membuat saran untuk efek ini. Dalam kemurnian dan kesucian Aku akan menjaga hidup saya dan ilmu saya.

Saya tidak akan menggunakan pisau, bahkan pada penderita dari batu, tapi akan menarik yang mendukung orang-orang seperti terlibat dalam pekerjaan ini.

Apapun rumah aku kunjungi, aku akan datang untuk kepentingan orang sakit, tetap bebas dari semua ketidakadilan yang disengaja, dari kejahatan semua dan khususnya hubungan seksual dengan baik orang perempuan dan laki-laki, baik itu bebas atau budak.

Apa yang saya dapat melihat atau mendengar dalam pengobatan atau bahkan di luar pengobatan sehubungan dengan kehidupan laki-laki, yang pada account tidak ada yang harus tersebar di luar negeri, saya akan menjaga diri menjaganya seperti memalukan untuk dibicarakan.

Jika saya memenuhi sumpah ini dan tidak melanggar hal itu, mungkin itu diberikan kepada saya untuk menikmati hidup dan seni, dihormati dengan ketenaran antara semua orang untuk semua waktu yang akan datang, jika aku melanggarnya dan bersumpah palsu, mungkin berlawanan dengan semua ini saya akan banyak.
 
 
Teks modern :


Aku bersumpah untuk memenuhi, untuk yang terbaik dari kemampuan dan penilaian saya, perjanjian ini:

Saya akan menghormati hard-won keuntungan ilmiah dari mereka yang dokter di langkah aku berjalan, dan dengan senang hati berbagi pengetahuan seperti milikku dengan mereka yang mengikuti.

Aku akan berlaku, untuk kepentingan orang sakit, semua tindakan [yang] diperlukan, menghindari perangkap orang-orang kembar overtreatment dan nihilisme terapeutik.

Aku akan ingat bahwa ada seni untuk obat serta ilmu pengetahuan, dan bahwa kehangatan, simpati, dan pengertian dapat lebih besar pisau bedah atau obat apotek.

Aku tidak akan malu untuk mengatakan “Aku tidak tahu,” tidak akan saya gagal menelepon rekan saya ketika keterampilan lain yang diperlukan untuk pemulihan pasien.

Saya akan menghormati privasi pasien saya, untuk masalah mereka tidak diungkapkan kepada saya bahwa dunia tahu. Sebagian besar terutama harus aku melangkah dengan hati-hati dalam hal hidup dan mati. Jika diberikan kepada saya untuk menyelamatkan nyawa, semua terima kasih. Tapi mungkin juga dalam kekuasaan saya untuk mengambil hidup, ini tanggung jawab besar harus dihadapi dengan kerendahan hati besar dan kesadaran akan kelemahan sendiri. Di atas segalanya, aku tidak harus bermain di Allah.

Aku akan ingat bahwa saya tidak memperlakukan grafik demam, pertumbuhan kanker, tapi penyakit manusia yang sakit, yang dapat mempengaruhi keluarga seseorang dan stabilitas ekonomi. Tanggung jawab saya meliputi masalah terkait, jika saya untuk merawat memadai untuk orang sakit.

Aku akan mencegah penyakit kapan pun aku bisa, untuk pencegahan adalah lebih baik untuk menyembuhkan.

Aku akan ingat bahwa saya tetap menjadi anggota masyarakat, dengan kewajiban khusus kepada semua makhluk sesama manusia, mereka suara pikiran dan tubuh serta lemah itu.

Jika saya tidak melanggar sumpah ini, mungkin saya menikmati hidup dan seni, dihormati sementara aku hidup dan ingat dengan kasih sayang setelahnya. Semoga aku selalu bertindak sehingga untuk melestarikan tradisi terbaik untuk menelepon saya dan mungkin aku lama mengalami sukacita penyembuhan mereka yang mencari bantuan saya.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Feed My Blog, Leave Your Comment Here :)